blackberry-z5-130606b

Blackberry Z10 Review

Blackberry Z10 Review : Aku Tidak Percaya Ini Blackberry!? – Berita re-branding RIM menjadi Blackberry menjadi momen pas peluncuran ponsel anyar Blackberry yang disebut-sebut sebagai ponsel pembunuh ponsel Blackberry terdahulu, ponsel kembaran Q10 tapi tak sama ini memiliki segala hal terbaru yg dimiliki oleh Blackberry. Apa saja hal baru tersebut? Sistem Operasi, Layar sentuh, Puluhan ribu aplikasi, dihapusnya BIS (Blackberry Internet Service), Sistem keyboard baru, Browser anti-lelet, dan hal-hal baru lainnya. Baiklah mari kita bahas satu per satu

First Unbelievable Blackberry Z10 : Touchscreen, eh bukan Full Touchscreen.

Official Blackberry pictures
Nah lihatkan? dari gambarnya saja sudah menimbulkan tanda tanya, ini Blackberry atau ponsel android? Layar capacitive dengan lebar 4.2 inchi dengan tidak sama sekali memberi kesempatan sebuah tombol pun berada di wajah sang Z10. Berbeda dengan iPhone 5 atau Galaxy S III yang menyisakan 1 tombol di wajah mereka masing-masing.

Seperti kelihatanya, Z10 memiliki 2 port di bagian kiri masing-masing adalah microUSB dan micro HDMI. Sedangkan di bagian kanan BB OS 10 ini terdapat 3 tombol yaitu 2 tombol volume dan 1 voice button. Di bagian bawah seperti halnya ponsel pada umumnya terdapat lubang mic dan bagian atas layar terdapat kamera depan dan lampu indikator LED.

Tidak adanya tombol home seperti halnya iPhone, Ponsel Android, ataupun Windows Phone yg pada masing-masing ponsel berfungsi untuk menghidupkan layar tidak membuat Blackberry terlihat cacat namun memang Z10 telah di design untuk tidak membutuhkan tombol.! Anda tinggal mengusap layar ke arah atas untuk menghidupkan layar, simpel kan? Hm.. namun memang cukup riskan ketika kita tidak sengaja mengusap layar maka Z10 ber OS BB10 akan hidup secara tiba-tiba.

Sistem Operasi BB10

Dua ponsel ‘percobaan’ Blackberry telah menggunakan sistem operasi Blackberry 10 ini akan merubah secara drastis apa-apa saja yang bisa blackberry lakukan dari kemampuan multi tasking dan Browser bawaan yang dulu dikenal sangat lelet sekarang mari kita lihat statistik atau benchmark browser BB10 ini dibandingkan dengan iOS, Android dan WP yg dilakukan oleh kawan kami di kompastekno.

Uji coba pertama mengukur kecepatan browser memproses data :

– Browser bawaan BlackBerry di BlackBerry Z10: 2.383
– Browser bawaan Android di Galaxy S III: 2.366
– Internet Explorer dalam Windows Phone di Ativ Odyssey: 1.780
– Safari dalam iOS di iPhone 5: 1.448

Uji coba kedua mengukur kecepatan browser memproses javascript :

– Safari dalam iOS di iPhone 5: 916,4ms
– Browser bawaan Android di Galaxy S III: 1.054,5ms
– Internet Explorer dalam Windows Phone di Ativ Odyssey: 1.506,4ms
– Browser bawaan BlackBerry di BlackBerry Z10: 1.963,4ms

Uraian lengkap adu kecepatan browser oleh kompas tekno Klik di sini.

Terlihat soal kecepatan proses data browser bawaan Blackberry jagonya namun soal memproses javascript masih tersangkut diurutan paling akhir, di sini yang terlihat konsisten adalah browser bawaan android (urutan 2) dan Internet Explorer WP (urutan 3). Satu hal penting bahwa browser Z10 ini telah mendukung penggunaan Flash.

Masih tentang OS Blackberry 10, perubahan cukup besar juga terjadi pada fitur-fitur social seperti BBM, Facebook dan lainnya yaitu jika anda menggunakan ponsel ber-OS BB10 baik itu Blackberry Q10 atau pun Blackberry Z10 anda tidak lagi memerlukan langganan BIS alias Blackberry Internet Service dengan kata lain anda bisa menggunakan BBM lewat jalur internet biasa seperti halnya Android, bahkan lewat Wi-Fi sekalipun.

Fitur keren lainnya adalah Blackberry HUB, Hub mengintegrasikan semua pesan ke dalam satu list baik itu pesan singkat, Facebook message, BBM, Notification, twitter, email, G+ dan lainnya.

BBM Video Chat dan Screen Sharing

Satu lagi fitur yang bakal menyaingin eksistensi skype yaitu BBM face to face alias video calling plus dilengkapi fitur screen share yaitu aplikasi untuk berbagi apa yang bisa kita lihat di layar BB Z10 kita mirip dengan aplikasi teamviewer.

Puluhan ribu aplikasi di Blackberry World?

Tertarik dengan kesuksesan Google dengan Google Play (Market App), Blackberry pun mengundang para developer aplikasi untuk ikut menyumbangkan aplikasinya di Blackberry World dan tidak tanggung-tanggung 70.000 aplikasi dari Google Play di porting secara masal ke Blackberry World. Game angry bird pun menyambanginya, juga tak henti-hentinya Blackberry merayu instagram untuk hadir di BB World. Namun sayangnya menurut The Verge 70.000 aplikasi android tersebut hanyalah dapat berjalan pada emulator untuk Android.

Blackberry Keyboard

Disebut-sebut memiliki keyboard sangat handal memang ya. Blackberry Z10 memiliki virtual keyboard tipe Qwerty yg sangat akurat dipakai untuk mengetik. Mempunyai fitur predictive text yg memprediksi 1 kata setelah kata yang kita tulis. Itulah salah satu kelebihan Virtual Keyboard Blackberry 10 OS. Tidak percaya? Mari simak pendapat para pakar.

BoyGeniusReport : Keyboard itu bekerja sangat-sangat baik. Mungkin inilah hal favorit ku dari Blackberry 10, keyboard pada Windows Phone sangat baik, tapi keyboard pada Z10 benar-benar sangat baik. Anda mungkin percaya bahwa semua virtual keyboard sama saja, tapi ketika anda mencoba ini anda akan dapat mengetik sangat-sangat cepat dan akurat.

Engadget : Virtual keyboard pada Blackberry itu bagus. Sangat bagus. Virtual keyboard terbaik dari semua virtual keyboard OS lain sekarang ini.

WallStreetJournal : Keyboard pada ponsel Z10 adalah virtual keyboard terbaik dan tercepat yang pernah saya pakai.

Masih belum percayakan kalau ini Blackberry?? Saya pun masih belum. Karena itu mari simak spesifikasi Hardware Blackberry Z10 Berikut :

Jaringan : Quad-band GSM/GPRS/EDGE, tri/quad-band UMTS/HSPA, optional 100 Mbps LTE
Kontrol : Full Touchscreen
Dimensi : 130 x 65.6 x 9 mm, 137.5 g
Layar : 4.2″ 16M-color WXGA (768 x 1280 pixels) capacitive touchscreen TFT
Prosesor : Dual-core 1.5 GHz Krait
GPU: Adreno 225
RAM: 2GB
OS: BlackBerry 10
Storage : 16GB storage, microSD card slot
Kamera : 8 megapixel auto-focus kamera dengan fitur face detection; Full HD video recording, LED flash, Kamera depan 2MP
Konektivitas: Wi-Fi a/b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 3.0+HS, standard microUSB port, microHDMI, GPS receiver with A-GPS, 3.5mm audio jack, NFC
Fitur Tambahan : BBM video call, BlackBerry Screen Share
Blackberry Z10 tersedia dalam 2 warna putih dan hitam dan akan masuk ke pasar ponsel Indonesia pada awal maret 2013. Sekian sedikit review dari Ponselsedunia.com, sampai di review selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s